Banyak informasi yang diserap bikin pusing!

Gak bisa dipungkiri bahwa arus informasi di era sekarang memang terlalu cepat dan banyak yang berseliweran dan mempengaruhi hidup kita. Saking banyaknya informasi tersebut, kita kesulitan dalam memahami dan menyerap informasi tersebut.

Information Overload adalah kondisi dimana kita kelebihan dan kebanyakan informasi yang masuk kedalam pikiran kita sehingga kita kesulitan dalam memproses informasi tersebut.

Terlalu banyak informasi memang ada plus dan minus-nya. Di era yang serba cepat ini memang kita gak bisa lepas dari peredaran informasi ini. Sumber informasi begitu melimpah bisa berbentuk visual, video maupun audio yang tersebar di berbagai saluran seperti sosial media maupun situs berita.

Kebanjiran dengan banyak informasi memang gak baik. Kita akan merasa kesusahan dalam memahami dan menyerap informasi yang dibutuhkan. Beberapa penyebab kita sering kebanjiran informasi paling umum antara lain;

  1. Kurang membuat daftar priotitas

Tidak semua informasi yang kita cari akan dipakai dan diterapkan, jadi buatlah prioritas yang selaras dengan apa yang sedang kamu perlukan. Cari informasi yang benar-benar kamu cari dan abaikan informasi-informasi yang sekiranya tidak relate dengan yang kamu cari.

Setiap hari kita mengkonsumsi banyak informasi dari handphone kita, maka dari itu penting bagi kita untuk menerapkan prioritas dalam mengonsumsi informasi, abaikan yang gak kita butuhkan.

Kita harus bisa menyaring informasi yang masuk agar tidak membebani pikiran dan hanya membuat kita tidak bisa menyerapnya.

2. Fear Of Missing Out (FOMO)

Kebiasaan membuka sosmed setiap hari tanpa terkendali akan membuat kita masuk kedalam lingkaran setan yang begitu menyesatkan. Kita harus punya kendali atas apa yang akan kita konsumsi salah satunya dalam menggunakan sosial media.

Perasaan takut di era sosial media karena tidak update dengan berita atau tren terbaru terkadang menjadi suatu permasalahan tersendiri bagi seseorang. Hal ini membuat kita merasa bersalah dan berusaha ingin terhubung.

Sebenarnya hidup kita harusnya tidak dikendalikan orang lain melainkan diri kita sendiri. Kita harus punya kendali atas apa yang akan kita konsumsi dan kita hadapi di tengah kehidupan yang serba cepat ini.



Tinggalkan komentar

AbouT

Hi, there! Welcome to my blog! Enjoy! 😁

Mei 2024
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031